Tips Menggunakan Atap Rangka Baja Ringan Yang Tepat

Zaman modern memang membawa pengaruh yang signifikan, karena tidak hanya teknologi yang maju dan berkembang faktanya konstruksi bangunan pun juga mendapatkan imbas dari era globalisasi ini. Jika dulu rangka atap menggunakan kayu, baja maupun baja ringan sekarang anda bisa menggunakan atap rangka baja ringan yang jauh lebih mudah  digunakan.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Ata Atap Rangka Baja Ringan?

Saat ini bangunan yang mengusung konsep modern lebih suka menggunakan material baja ringan pada rangka atap rumahnya. Hal ini dikarenakan atap baja ini juga sangat ringan jadi pengerjaannya pun bisa dengan cepat, dengan begitu anda juga  bisa lebih menghemat tenaga dan biaya. Apalagi didukung dengan sifatnya yang tidak mempan dimakan rayap, anti karat dan juga bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Bahkan dilihat dari segi perawatannya pun sangat mudah, intinya tidak memerlukan perawatan khusus. Jadi anda bisa menghemat biaya maintenance. Nah, untuk anda yang saat ini sedang mencari atap rumah, anda bisa memilih kanopi baja ringan murah yang dijamin mempunyai kualitas terbaik.

Tips Memilih Atap Rangka Baja Ringan Yang Berkualitas

1.         Sesuaikan Dengan Rangka Baja Ringan Dengan Model Atap

Jika anda memilih atap rangka baja ringan untuk rumah anda, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyesuaikan dengan model atap yang anda inginkan. Tetapi saat anda membentuk rangka untuk atap rumah, anda harus menyesuaikan dengan bebannya. Untuk mengetahui kekuatannya anda bisa membuat jarak yang terbilang rapat, tahapan ini dilakukan supaya beban yang ditopang bisa sempurna, ada baiknya anda membuat kerenggangan sampai 150 cm.

2.         Cek Kualitas Baja Ringan

Langkah yang kedua adalah anda bisa cek kualitas dari baja ringan yang anda pilih. Kami sarankan supaya anda menggunakan atap rangka baja ringan yang mempunyai kekuatan tegangan tarikan sampai 550 mpa, supaya bisa menopang dengan baik atap rumah anda.

Anda juga perlu memperhitungkan kualitas dari bahan ruangan tersebut, caranya anda bisa menggunakan SAE untuk patokannya. Jika baja ringan yang anda pilih memiliki SAE grade dengan nilai sebesar 980 maka dapat dipastikan jika baja tersebut memiliki kualitas baik. Jika tegangan baja memiliki nilai semakin kecil itu berarti tarukan baja maka semakin rendah, hal ini tentunya akan mempengaruhi kekuatan saat menopang bebannya.

3.         Memilih Baja Ringan Dengan Dukungan Garansi

Jika anda ingin membeli atap rangka baja ringan anda harus memastikan jika baja tersebut mendapatkan garansi. Jadi garansi tersebut meliputi ketahanan baja ringan yang sudah diuji sesuai dengan keterangan pada nilai tegangan tarikan.

Jenis-Jenis Baja Ringan

  • Kanal C
  • Reng
  • Dynabolt
  • Sekrup baja ringan

Nah, itulah tips memilih atap rangka baja ringan untuk konstruksi rumah anda, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat untuk anda.

Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *