Tips Menggunakan Atap Rangka Baja Ringan Yang Tepat

Zaman modern memang membawa pengaruh yang signifikan, karena tidak hanya teknologi yang maju dan berkembang. Faktanya pun juga mendapatkan imbas dari era globalisasi ini. Jika dulu rangka atap menggunakan kayu, baja maupun baja ringan sekarang anda bisa menggunakan atap rangka baja ringan yang jauh lebih mudah digunakan. Dibawah ini kita akan membahas tips menggunakan atap rangka baja Ringan buy trenbolone Yang tepat.

tips menggunakan atap baja ringan
tukang atap

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Atap Rangka Baja Ringan?

Saat ini bangunan yang mengusung konsep modern lebih suka menggunakan material baja ringan pada rangka atap rumahnya. Hal ini dikarenakan atap baja ini juga sangat ringan jadi pengerjaannya pun bisa dengan cepat, dengan begitu anda juga bisa lebih menghemat tenaga dan biaya. Apalagi didukung dengan sifatnya yang tidak mempan dimakan rayap, anti karat dan juga bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Bahkan dilihat dari segi perawatannya pun sangat mudah, intinya tidak memerlukan perawatan khusus. Jadi anda bisa menghemat biaya maintenance. Nah, untuk anda yang saat ini sedang mencari atap rumah, anda bisa memilih kanopi baja ringan murah yang dijamin mempunyai kualitas terbaik.

Tips Memilih Atap Rangka Baja Ringan Yang Berkualitas

1. Sesuaikan Dengan Rangka Baja Ringan Dengan Model Atap
Jika anda memilih atap rangka baja ringan untuk rumah anda, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyesuaikan dengan model atap yang anda inginkan. Tetapi saat anda membentuk rangka untuk atap rumah, anda harus menyesuaikan dengan bebannya. Untuk mengetahui kekuatannya anda bisa membuat jarak yang terbilang rapat, tahapan ini dilakukan supaya beban yang ditopang bisa sempurna, ada baiknya anda membuat kerenggangan sampai 150 cm.

2. Cek Kualitas Baja Ringan
Langkah yang kedua adalah anda bisa cek kualitas dari baja ringan yang anda pilih. Kami sarankan supaya anda menggunakan atap rangka baja ringan yang mempunyai kekuatan tegangan tarikan sampai 550 mpa. Supaya bisa menopang dengan baik atap rumah anda.

Anda juga perlu memperhitungkan kualitas dari bahan ruangan tersebut, caranya anda bisa menggunakan SAE untuk patokannya. Jika baja ringan yang anda pilih memiliki SAE grade dengan nilai sebesar 980. Maka dapat dipastikan jika baja tersebut memiliki kualitas baik. Jika tegangan baja memiliki nilai semakin kecil itu berarti tarukan baja maka semakin rendah. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kekuatan saat menopang bebannya.

3. Memilih Baja Ringan Dengan Dukungan Garansi
Jika anda ingin membeli atap rangka baja ringan anda harus memastikan jika baja tersebut mendapatkan garansi. Jadi garansi tersebut meliputi ketahanan baja ringan yang sudah diuji sesuai dengan keterangan pada nilai tegangan tarikan.

Jenis-Jenis Baja Ringan
● Bondek

Salah satu jenis baja ringan yang beredar di pasaran ialah bondek. Ia sering digunakan sebagai rangka penggunaan baja pada tulangan dengan satu arah atau juga sebagai alternatif pelapis atau pembungkus coran guna menahan beban dan tekanan beton untuk keperluan bangun-membangun seperti rangka atap. Fungsi lainnya adalah untuk menggantikan papan kayu berlapis tiga atau tripleks.

bondek
Bondek memiliki cara bongkar pasang yang relatif mudah dan cepat untuk dilakukan. Harganya berbeda-beda, ada yang menjual dalam bentuk satuan atau per buah, ada yang satu pak, dan ada yang menjual dalam keadaan sudah dirakit.

● Kanal C

Sesuai dengan namanya, baja ringan ini memilki bentuk mirip huruf C. Adapun ukuran standar kanal C adalah 6 meter, lebar 75mm-80mm, serta biasanya memiliki ketebalan mulai dari 0,6mm hingga 1mm.

kanal c
Profil baja ringan ini biasanya digunakan untuk rangka atap atau kuda-kuda. Tapi, bisa juga dimanfaatkan untuk tiang bangunan yang bebannya tidak terlalu berat seperti kanopi. Kreasi baja ringan seperti rak sepatu, rak bunga, hingga pagar pun dapat terbuat dari material ini.

● Reng

Sama pentingnya dengan kanal C, reng baja ringan juga memiliki peran penting untuk konstruksi atap. Profil dengan panjang 6 meter ini biasanya digunakan sebagai tumpuan dari atap (penutup).

reng
Adapun bentuk jenis baja ringan ini umumnya ada dua macam, yaitu simetris dan asimetris. Reng simetris memiliki dua sisi miring, sedangkan reng asimetris (seperti gambar di atas) punya satu sisi miring dan satu sisi dengan sudut 90 derajat.

● Dynabolt

Dynabolt memiliki element yang berfungsi sebagai silinder dan punya bentuk seperti selongsong peluru namun bisa membesar, mekar atau mengembang ketika baut sudah dikencangkan. Berbeda dengan mur yang bentuknya selalu tetap meskipun sudah dikencangkan. Selain itu silinder yang berfungsi sebagai mur ini selalu ditanamkan pada suatu media misalnya dinding, beton dan lain-lain. Dari sinilah asal muasal sebutan baut tanam untuk memberi nama alternative dynabolt.

dynabolt
Dynabolt memiliki tiga element utama.Pertama adalah baut berulir yang bentuknya seperti mur namun agak lancip seperti paku. Makin ke ujung maka ulirnya semakin mengecil. Lalu kedua ada selongsong silinder. Selongsong ini akan membesar ketika baut berulir dimasukan ke dalamnya. Yang terakhir yaitu ring atau cincin untuk penahan.

● Hollow

Umumnya, profil ini digunakan untuk kebutuhan interior, seperti plafon. Hollow baja ringan sendiri memiliki keunggulan seperti tahan korosi, rayap, pemasangannya cepat dan tidak merambatkan api.

hollow
Spesifikasi profil baja ringan ini adalah panjang 4 meter dan memiliki sejumlah varian di pasaran, yaitu:
14 x 36mm
36 x 36mm
13 x 33mm

● Kaso atau Truss

Kaso atau truss, salah satu jenis baja ringan yang tebalnya antara 0.75 sampai 1 milimeter. Ia berguna untuk rangka atap agar bisa menaruh genting atau permukaan atap dengan mulus. Selain itu, truss berfungsi untuk memperkuat kondisi tiang dan kuda-kuda korden.

kaso
Unsur kimia yang banyak terkandung di kaso adalah zink. Bangunan komersil atau rumah sekalipun cocok menggunakan truss karena mudah dipasang, ada pelapis anti karat, dan sudah banyak tersedia di pasaran Indonesia. Bentuknya mirip hollow atau gabungan dari dua baja ringan bondek. Selasares bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp90.000 hingga Rp160.000, termasuk harga yang lumayan tinggi.

● Spandek

Baja ringan jenis spandek berbentuk seperti lembaran-lembaran yang membuatnya mudah untuk dipasang. Desainnya juga bergelombang sehingga ciamik dan estetik untuk digunakan sebagai penutup atau lapisan luar kerangka seperti pada atap rumah atau kanopi. Ada juga bangunan yang menggunakannya sebagai lapisan dinding. Sama seperti baja ringan lain, spandek berbahan ringan, kuat, tahan lama, dan anti karat atau korosi.

spandek
Jenis spandek mulai terkenal karena keindahan dan kecepatan proses pengerjaannya. Ia hadir dengan berbagai pilihan warna yang menarik dan dapat menyesuaikan selera pembelinya. Sayangnya, spandek memiliki daya serap matahari yang tinggi sehingga ruangan di dalamnya terasa lebih panas dan gerah serta kalau terjadi hujan, percikan airnya akan membuat suara yang bising dan berisik. Besi ringan ini bukanlah peredam suara yang baik, justru malah memperbesar suaranya.

Nah, itulah tips memilih atap rangka baja ringan untuk anda, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat untuk anda.

 

Butuh bantuan? Chat kami
X